10.1.08

CCTV + Ujian

Ada yang baru di prodi mesin ITB... CCTV!!! Iye!!! CCTV yang itu... yang biasanya cuma dipake dalam game Metal Gear Solid atau bank. Dipasang di lorong dan hampir tiap kelas. Setelah tiap kelas dipasang AC, speaker gede, layar proyektor baru, etc; tahun baru kemarin semakin penuh dengan ketambahan CCTV di pojok.

Kenapa sampai perlu dipasang perangkat beginian? Pertama gw cuma beranggapan kalo CCTV (singkatan dari: closed circuit television. Sistem televisi yang sinyal videonya itu didapat dari satu atau lebih kamera melalui kabel menuju ke monitor pengawasnya) itu dipasang demi alasan keamanan. Sudah jamak tersiar kabar kehilangan laptop atau LCD (singkatan dari... ah pikir aja sendiri!!) proyektor di ruang-ruang kuliah. Dengan dipasangnya alat beginian, diharapkan maling menjadi lebih berhati-hati dan kreatif dalam menjalankan aksinya. Tapi ternyata CCTV ini tidak sepenuhnya berfungsi untuk itu saja. Fungsi lainnya yang berdampak langsung ke beberapa mahasiswa (tidak termasuk gw untungnya. Hehe..) adalah digunakan dosen untuk mengawasi mahasiswa saat menjalani ujian!! Nah lho...

Sejak UAS di awal Januari (awal mulai digunakannya CCTV di kelas) telah tertangkap 3 oknum yang dinyatakan mencontek. Proses tertangkapnya pun sangat dramatis. Saat di tengah ujian yang berlangsung hening, tiba-tiba dosen mata kuliah yang bersangkutan masuk dari pintu ruang kuliah. Dia langsung menuju ketiga mahasiswa yang bernasib kurang baik itu, sembari langsung menunjuk sala satu diantaranya. “Coba kamu keluarkan kertas dari kantong kamu!”, begitu kira-kira kalimat yang diucapkan. Tentu saja yang diperintah oleh dosen itu sudah tak bisa mengelak lagi. Di kantongnya terdapat kertas kecil contekan (yang tentu saja dilarang). Demikian juga dengan dua temannya yang lain.

Cerita yang lain adalah saat berlangsung ujian, salah satu asisten dosen menerima panggilan telepon. Ternyata yang menelepon adalah dosen ujian, yang memberitahu si asisten untuk memberi peringatan ke salah satu peserta ujian. Peserta ujian itu diberi peringatan untuk tidak mencontek lagi. Wah.. dosen yang ini masih agak baik.

Ternyata setelah diselidiki, ternyata monitor pengawas diletakkan di dalam ruang dosen. Kameranya juga diisukan mampu melakukan zooming yang baik sehingga mampu mengamati jalannya ujian dengan teliti. Bahkan juga diisukan beberapa ruangan tidak memiliki blank spot (titik di ruangan yang tidak bisa terpantau oleh kamera). Wow... makin seru aja nih kuliah. Walaupun ga ikut nyontek2an (asli!! Gw ga doyan nyontek!! Hehe) tapi gw sebagai peserta ujian jadi merasa diawasi. Salah gerak sedikit bisa jadi disangka mencontek. Noleh2 dikit bisa berakibat E. Gawat!!!

*sedikit tips dari gw, walaupun CCTV ini diisukan tidak memiliki blank spot, sebenarnya masih ada satu spot yang berdasarkan game Metal Gear Solid diyakini pasti selalu menjadi blank spot sebuah kamera. Kalo pengen ga bisa diawasi ya tinggal duduk aja di bawah kamera itu. Dijamin kalo lo bakal sulit dilihat di monitor (ga tau pastinya juga sih..). “Tapi cara paling aman ya jangan mencontek!!” solid snake.