1.10.07

Halo.. Halo Bandung!!


Tanggal 27 september 2007 siang hari, fenomena Halo terlihat dari tanah Mbandung. Bukan pertanda buruk?! Bukan hal aneh juga, tapi karena penasaran, akhirnya gw beranikan diri untuk menggali kajian mengenai halo dari beberapa buku yang terpercaya (eh... boong ding) dan game (no connection with 'that fps').

Halo, yang sering muncul di sekitar matahari atau bulan, adalah fenomena optik yang disebabkan akibat pembiasan cahaya (matahari, bulan, atau bahkan sumber cahaya yang terang lainnya seperti lampu jalanan). Biasanya pembiasan ini disebabkan oleh adanya kristal es di langit cirrus dingin (berlokasi tinggi, berkisar antara 5-10 km). Fenomena ini mirip seperti saat terjadinya pelangi di langit (hanya saja, kalau tidak salah, pelangi disebabkan oleh pembiasan dari butiran air di awan). (source: wikipedia.org)

oooo.... ternyata begitu ya!? Jadi anda-anda semua lebih baik tak usah panik, berteriak, menangis, memanggil bantuan, berlarian, menyembah matahari atau berhala, menulis surat wasiat, bersetubuh dengan bumi (bahasa malaysia nya tiarap), atau bahkan berbuka puasa apabila melihat fenomena serupa (karena berbuka di waktu siang dapat membatalkan puasa! -artikel ditulis saat bulan puasa-).