14.3.09

SmallNiceCartoon: Polusi Cahaya?

smallnicecomic #19Polusi cahaya?? Mungkin topik yang aneh. Apakah kita memang mengalaminya? Mungkin. Gw juga baru tahu kalau ada yang namanya "polusi cahaya" setelah membaca salah satu artikel di national geographic. Kalau mau tahu lebih jauh tentang ini, klik nice more!

Polusi cahaya adalah keadaan dimana cahaya yang ada di sekitar kita menghalangi pandangan kita terhadap sesuatu yang berada di sekitar kita (definisi gw yang aneh.. tapi kira-kira seperti itulah). Kalau yang di komik kan tentang lampu dim dari depan atau dari belakang (klo lewat jalan tol malam-malam), dan mengganggu pandangan kita pada hal lain yang mungkin sebenarnya lebih penting. Tapi gw ga mau menelaah tentang fenomena polusi cahaya di jalan tol, yang akan dibahas adalah fenomena polusi cahaya di perkotaan besar.

Kenapa bisa terjadi polusi cahaya di perkotaan besar? Singkatnya, lampu-lampu perkotaan terlalu "terang" sehingga bintang-bintang di langit tidak dapat terlihat dari kota tersebut. Emang penting gitu? Cuma gara-gara menghalangi pandangan kepada bintang di langit? Lihat saja foto di bawah, apakah kita tidak ingin melihatnya langsung? Dan melihat langsung fenomena di bawah tak akan memungkinkan kalau lampu yang digunakan di perkotaan terlalu "berlebihan" dan tak efektif (ada solusi di artikel national geographic tuh).