21.10.07

Do You Know The Tielman Brothers

Ada yang tau siapa "The Tielman Brothers" itu? Siapa mereka hingga bisa dengan mulus merasuki jiwa gw? I’m totally tielman right now, yeah!

Siapakah legenda musik di dunia? Kita mungkin akan menjawab: Beatles, Elvis, Jimi Hendrix, Koes Plus (eh..!?), Bimbo, Slank, Radja, Kangen Band, atau dll. Apakah pernah terpikir di benak anda bahwa the real ‘uncrowned’ legend adalah orang keturunan Indonesia? Legenda itu bernama “The Tielman Brothers”. Band rock (selanjutnya dikenal sebagai aliran indo-rock yang salah satu cirinya adalah dominasi suara gitar yang kental) asal Maluku yang malang melintang di eropa (berawal dari Belanda) dari era sebelum Beatles dikenal. Beatles pun sempat menonton aksi The Tielman Brothers secara langsung, bahkan konon gitaris favorit dari gitaris Beatles adalah Andy Tielman (Gitaris utama dan vokalis The Tielman Brothers). Jauh sebelum Jimi Hendrix melakukan aksi-aksi gila dengan gitarnya, Andy Tielman sudah terlebih dahulu memperlihatkan aksi spektakuler serupa. Bermain gitar dengan gigi, kaki, membelakangi badan, sambil naik bas betot, tiduran, saling mengoper gitar, dan aksi-aksi nyentrik lainnya sudah sering diperlihatkan sebagai ciri khas aksi panggung Andy Tielman. Inovasi Andy pada gitar fender-nya juga sempat menghebohkan dan banyak dijiplak oleh band-band lain di eranya.

Berbanggalah, Indonesia! Kapan lagi kita punya legenda yang difavoritkan legenda lain (Beatles) dan –mungkin- ditiru oleh legenda lainnya (Jimi Hendrix). Kalau ingin melihat aksi spektakuler The Tielman Brothers, cek aja di YouTube (my fav: Boussa Nouva). Cepetan liat sendiri sebelum keduluan ama Om Roy Suryo* yang kemungkinan besar bakal mengklaim video ini sebagai hasil temuannya (persis seperti saat ga sengaja menemukan video lagu Indonesia Raya, padahal sebelumnya hanya berniat googling video xxx selain video selingkuh ME si biduan dangdut feat YZ si anggota DPR).

Link artikel tentang The Tielman Brothers: wikipedia, indorock, CBN, forum

*Padahal video lagu Indonesia Raya itu udah lama tersebar lewat YouTube! Tau gitu gw aja yang mengklaim duluan, biar cepet terkenal. Hahaha... peace, Roy! Lo kan tau sendiri klo gw suka becanda (eh... sok kenal banget gw!?).