18.5.07

Most Famous Curse

Sebenarnya Ini dari salah satu acara di MetroTV yang menurut gw lumayan menarik..Inilah... 'Most Famous Curse'... (beberapa emang kaya' cuma khayalan doang..)

1) Kutukan Macbeth
Macbeth adalah karya Shakespeare yang terkenal selain hamlet dan othelo.Yang mengalami kutukan biasanya si pemeran Macbeth dalam drama itu. Di belakang panggung sangat diharamkan untuk mengucapkan atau menuliskan kata "Macbeth". Sejak pertunjukan pertamanya, Macbeth selalu dihantui kutukan(beberapa berakhir tragis dg kematian aktor utamanya). Kutukan ini konon disebabkan karena Shakespeare, dengan terbuka, menampilkan adegan penyihir yang sedang melakukan ritual (sebenarnya rahasia dan sangat sakral). Penyihir pada masa itu sangat marah kepada Shakespeare sehingga mengutuk drama itu terutama untuk pemeran Macbeth. Pada awal-awal pertunjukan drama ini, cuma Shakespeare yg berani berperan sebagai Macbeth.

2) Kutukan raja Tutankhamen, Mesir
Pada tahun 1922, arkeolog Inggris, Howard Carter bersama Arkeolog George Herbert, earl of carnavon, menemukan makam Pharaoh muda Tutankhamun (menjadi Pharaoh pd usia 8 tahun dan meninggal pd usia 18 tahun). Dia dikubur bersama harta-hartanya untuk kehidupan setelah matinya kelak (orang mesir percaya bahwa kekayaan dunia bisa dibawa bahkan setelah mati). Arkeolog-arkeolog itu kaget setelah melihat isi peti raja Tut ini. Di dalamnya terdapat sekitar 5000 artefak kuno yg terbuat dari emas. Konon mereka sangat tergoda akan harta itu dan tidak mengindahkan peringatan ,kutukan berusia 3000 tahun, bagi yang berani mengganggu makam ini. Carnavon tak lama kemudian mati karena sakit akibat gigitan nyamuk. Ada anggapan yg lebih logis bahwa penyakit yg dialami bukan oleh kutukan, tetapi oleh bakteri-bakteri di dalam makam yang berusia sangat tua. Namun ada keanehan lain yg muncul di museum San Fransisco, tempat penyimpanan topeng makam raja Tut) bahwa penjaga museum itu mendadak terkena serangan jantung, setelah berada di dekat topeng itu. Dan saat sadar ia mengklaim bahwa arwah raja Tut lah yang telah menghukum dirinya (ya2.. emang aneh gini ceritanya).

3) Kutukan gagak, Menara London
Orang inggris percaya bahwa harus ada paling sedikit 6 burung gagak di sekitar menara London (mungkin kalau ada yang memperhatikan memang ada beberapa burung gagak di sekitar bangunan tersebut). Asal usul kutukan ini tidak diketahui secara pasti. Konon apabila jumlah burung gagak itu tak terpenuhi, menara itu akan runtuh bersama dengan keruntuhan kerajaan inggris. Gagak-gagak ini dianggap 'sangat penting' bagi kerajaan. Bahkan bila ada salah satu burung mati, berita itu akan langsung diberitahu kepada ratu inggris. Gagak yang mati biasanya akan menjalani upacara seperti bangsawan dan namanya dituliskan di memorial yang berada di tengah jembatan menara london itu. Ada orang yang ditugaskan khusus untuk memelihara gagak-gagak ini yang disebut Ravenmaster(tugasnya mengawasi gagak, mengobati, dsb.). Gagak ini sengaja dipotong ujung sayapnya agar tidak bisa terbang dan dapat diawasi (what a crazy world!!).

4) Siklus kematian presiden amerika
Kutukan ini berasal dari penduduk asli Amerika yang ingin membalas dendam. Konon Tecumseh,pemimpin Indian, mencoba menyelamatkan rakyatnya dari pendudukan kulit putih ke lembah Ohio. Dan yang terjadi kemudian mereka berperang. Singkatnya Tecumseh kemudian sekarat (meninggal th 1813) dan adiknya mengutuk presiden (pemimpin tertinggi) akan mati. Faktanya semua presiden yang terpilih pada tahun dengan digit terakhir nol beneran mati. William Henry Harrison adalah jendral pemimpin pasukan pemerintah. orang-orang disana yang percaya kutukan, menganggapnya sebagai korban pertama dari kutukan ini. William H Harrison dipilih tahun 1840, ia meninggal sebulan usai menjadi presiden (krn sakit akibat dingin). Siklusnya terus berlanjut... (semuanya meninggal mendadak)
Tahun 1860 Abraham Lincoln terpilih, dan kemudian dibunuh.
Tahun 1880 James Garfield terpilih, kemudian dibunuh.
Tahun 1900 William McKinley terpilih, kemudian dibunuh.
Tahun 1920 Warren G Harding terpilih, meninggal akibat serangan jantung tiba tiba pd thn 1923.
Tahun 1940 Franklin D Roosevelt terpilih untuk yg ketiga kalinya, meninggal di kantor akibat pendarahan otak thn 1945.
Tahun 1960 John F Kennedy terpilih, kemudian dibunuh (salah satu teori yg aneh dibalik terbunuhnya JFK).
Pola ini terus berlanjut hingga Tahun 1980. Saat terpilihnya Ronald Reagen.Ia 'hampir' mati dalam insiden penembakan oleh John W Hinkley di luar hotel Hilton Washington tahun 1981. Reagen bisa dikatakan beruntung karena walaupun terkena tembakan. Luka itu tidak sampai merenggut nyawanya.

eh.. ngomong-ngomong si George W Bush terpilihnya juga pada tahun 2000 tuh.. mari kita berdoa bersama demi kesehatan Bush (mudah-mudahan memburuk.. haha.. just kidding). Kalau ada yang udah nonton film 'Death of a President', sedikit banyak mungkin bisa tahu detil-detil detik terakhir kematian Bush (sayangnya cuma film.. tapi tetep film dokumenter fiksi yang yahud !!).